Langsung ke konten utama

Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Islam (MA YPI) Martapura OKU Timur Sumatera Selatan

Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Islam (MA YPI) Martapura adalah salah satu sekolah menengah Atas yang terletak di dusun Kumpul Mulyo Desa Perjaya Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut sejarah singkat MA YPI Martapura  :

Madrasah Aliyah Martapura yang berada dibawah  Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Martapura berdiri pada tahun pelajaran 1995/1996 dibawah pimpinan Bapak Suwarno, BA yang pada waktu  pertama beridir menumpang pada gedung MTs Negeri Martapura dengan jumlah siswa 11 orang yang merupakan alumni / tamatan MTs Martapura pada saat itu, serta didukung oleh tenga pengajar berjumlah 9 orang yang juga guru-guru dari MTs Negeri Martapura.
Inisiatif untuk mendirikan Madrasah Aliyah Martapura berawal dari ide Bapak Drs. H. Khaeri selaku kepala MTs Negeri Martapura mengingat ada MTs Negeri, namun belum ada madrasah setingkat Aliyah baik negeri maupun swasta. Dengan konsep dasar untuk dapat melanjutkan kependidikan Agama bagi Madrasah setingkat Tsanawiyah, maka dengan dukungan beberapa guru MTs Negeri Martapura pada saat itu sepakat untuk mendirikan Madrasah Aliyah yang diberi nama Madrasah Aliyah Martapura dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dengan akte notaries Achmad Haidar Reza, SH Nomor 10 Tanggal 06 November 1997.
Pada 22 juli 1998 kantor wilayah Deparatemen Agama Provinsi Sumatera Selatan mengeluarkan izin operasional dengan nomor : Wf / 6 – d / PP.03.2 / 1904 / 1998 tanggal 22 juli 1998 dengan nomor statistik madrasah (NSM) : 312160106123. Untuk kepala Madrasah pada saat berdirinya Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Martapura menunjuk Bapak Suwarno, BA sebagai Kepala Madrasah yang statusnya adalah guru PNS pada MTs Negeri Martapura.
Pada tanggal 20 juni 2001 Bapak Suwarno, BA ditetapkan sebagai kepala Madrasah Aliyah Martapura dengan masa jabatan 3 tahun. Pada tahun berikutnya yaitu pada petikan surat keputusan Menteri Agama RI Nomor : B.H/2/8577 tanggal 23 april 2003 Bapak Suwarno, S.Pd.I ditetapkan sebagai kepala Madrasah Aliyah Martapura hingga sekarang.
Berdasarkan undang - undang bahawa sekolah swasta tidak diperkenankan menumpang pada sekolah Negeri maka pada tahun pelajaran 2004/2005 Madrasah Aliyah Martapura pindah ke gedung MTs Miftahul Huda di Kumpul Mulyo Kec. Martapura sampai sekarang.

Jika ingin mengunjungi websitenya bisa langsung ke http://www.maypimartapuraokut.sch.id.

Komentar